10 Sifat dan Skill yang Harus Dimiliki Seorang Admin Online Shop

Menjadi seorang admin online menuntut operational skills dan dedikasi tinggi.
Gambar: https://www.salesforce.com/ca/blog/2017/02/improve-customer-service.html

Halosis.co.id, JakartaAdmin online merupakan salah satu posisi yang sangat krusial dalam operasional sebuah online shop. Admin merupakan perwakilan dari olshopmu yang harus terjun langsung dan berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak hanya sebatas itu, admin juga membantu kegiatan operasional usaha online shop. Di beberapa olshop, admin bahkan berperan untuk menangani pemasaran ataupun media sosial

Perkembangan pasar digital yang sedang pesat-pesatnya membuat admin menjadi salah satu posisi paling dicari. Saat ini, mencari admin yang bisa bekerja dengan maksimal bukanlah hal yang mudah. Banyak olshop yang mengalami kesulitan untuk menemukan admin online shop yang berkualitas. Lalu sebenarnya apa saja yang harus dimiliki seorang admin online? Berikut ini adalah sifat dan skill yang harus dimiliki seorang admin online.

1. Sopan dan Santun

Admin yang tidak tahu beretika akan membuat citra olshopmu buruk.
Gambar: https://www.wikihow.com/Answer-the-Phone-Politely

Seorang admin online harus seseorang yang memiliki sopan dan santun. Admin harus mengerti tata krama dan etika, khususnya dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Admin yang tidak mengerti beretika terhadap pelanggan tentu bukanlah admin dengan kualitas kerja yang baik. Citra online shop terbentuk, salah satunya melalui admin. Karena itu, kamu harus mencari atau melatih admin yang dapat menaikkan citra olshopmu di publik.

2. Teliti

Admin yang kurang teliti bisa merugikan customer atau owner online shop.
Gambar: https://www.inc.com/suzanne-lucas/quiz-are-you-a-detail-oriented-person.html

Sifat berikutnya yang harus dimiliki seorang admin adalah teliti. Admin haruslah seseorang yang sangat memperhatikan detail. Sifat teliti ini akan sangat berguna ketika sedang menangani order atau membuat laporan. Admin yang kurang teliti bisa membawa kerugian untuk online shop yang kamu miliki.

3. Berinisiatif Tinggi

Jangan tunggu disuruh dulu, admin harus punya inisiatif.
Gambar: https://www.assignmentbox.co.uk/blog/nhancing-the-productivity-levels-of-different-students/

Seorang admin juga haruslah seorang yang berinisiatif tinggi. Admin harus selalu cekatan dan sigap. Dalam menangani customer online shop, seorang admin harus bisa bertindak dan mengambil keputusan dengan cepat. Karena itu, inisiatif sangatlah dibutuhkan dari seorang admin online. Kalau kamu ingin menjadi seorang admin, kamu harus mengikis kebiasaan menunggu disuruh. Kamu harus memulai terlebih dahulu, untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

4. Jujur

Kejujuran menunjukkan kredibilitas seseorang.
Gambar: https://thepitcher.org/where-does-the-motivation-for-honesty-in-business-come-from/

Sifat lainnya yang harus kamu miliki jika ingin menjadi admin adalah jujur. Admin yang jujur merupakan aset, sebaliknya, kalau tidak jujur akan sangat merugikan untuk pemilik usaha. Admin menangani secara langsung, setiap transaksi yang dilakukan oleh customer. Karena itu, pastikan kalau admin jujur dan bisa diandalkan

5. Mampu Bekerja dalam Tim

Semangat teamwork harus selalu dimiliki oleh admin online.
Gambar: https://www.ajoconnor.com/blog/team-development-coaching-business-case

Selain itu, seorang admin haruslah seorang yang bisa bekerja dalam tim. Dalam sebuah project online shop besar, admin harus bekerja dengan banyak orang. Selain itu, admin juga tidak hanya bekerja dengan sesama admin, tapi juga berhubungan langsung dengan owner dan bagian-bagian lain. Karena itu, admin harus terbiasa bekerja dengan orang lain. 

6. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah skill utama yang harus dimiliki seorang admin online.
Gambar: https://www.assante.com/assante-life/investments/your-investor-personality-keys-lifelong-financial-planning

Selain sifat-sifat di atas, admin online juga harus memiliki beberapa skill, salah satunya adalah communication skill. Karena tiap hari berhubungan dengan orang lain, kemampuan komunikasi admin haruslah sangat baik. Kalau tidak memiliki kemampuan ini, admin akan mengalami kesulitan besar dalam pekerjaannya. Admin harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada customer.

7. Basic Office

Kemampuan dasar mengoperasikan Ms. Office adalah keharusan untuk admin online.
Gambar: https://www.pcmag.com/review/263292/microsoft-office-365-home

Selain kemampuan komunikasi, seorang admin juga harus menguasai microsoft office dasar, terutama excel. Dalam penyusunan laporan, admin akan sering berhadapan dengan microsoft excel. Karena itu, admin yang berkualitas, adalah admin yang bisa menguasai setidaknya microsoft office dasar. 

8. Akrab dengan Media Sosial

Online shop tidak akan bisa lepas dari media sosial.
Gambar: https://www.govtech.com/social/Doctored-Pelosi-Video-Shows-Social-Media-Unprepared-for-2020.html

Salah satu platform berjualan online paling populer adalah media sosial. Karena itu, seorang admin online haruslah familiar dengan penggunaan media sosial. Dalam membalas chat ataupun mengupload produk, admin online akan sangat sering menggunakan media sosial. 

9. Menguasai Literasi Digital

Admin online wajib menguasai penggunaan internet dengan baik.
Gambar: https://medium.com/@vibhutigupta/spreading-digital-literacy-53092d2ac8ec

Tidak hanya sampai di media sosial, seorang admin online haruslah memiliki kemampuan literasi digital. Admin online shop harus memiliki kemampuan mengoperasikan mesin pencarian otomatis, dan internet dengan baik. Selain itu, admin juga harus memiliki kemampuan untuk menyaring informasi dengan baik

10. Menguasai Sistem Transaksi Online

Admin harus khatam bertransaksi online dengan metode pembayaran A sampai Z.
Gambar: https://www.financialexpress.com/industry/technology/online-payments-101-beginners-guide-to-make-safest-transactions-on-the-internet/1198834/

Yang terakhir, seorang admin online haruslah menguasai sistem dan alur transaksi online dengan baik. Tidak memiliki kemampuan ini akan sangat menyulitkan admin dalam menangani atau merekap seluruh pembayaran dari customer. Admin harus memahami seluruh jenis pembayaran online dengan baik.


Demikian beberapa sifat dan skill yang harus dimiliki oleh admin online shop. Mencari admin olshop merupakan hal yang cukup sulit. Kalau kamu mengalami kesulitan dalam mencari admin online, kamu bisa menggunakan jasa profesional. Kamu bisa mempercayakan olshopmu pada jasa admin online profesional yang sudah terbukti dalam menangani banyak online seller. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha!



Leave a Reply