7 Kemampuan Marketing Yang Harus Kamu Miliki, Kalau Mau Jadi Pengusaha


Halosis.co.id, Jakarta Menjadi seorang pengusaha memang tidak menuntut gelar atau pun syarat akademis tertentu. Namun menjadi pengusaha mengharuskanmu memiliki beragam kemampuan dari berbagai bidang, salah satunya marketing.

Dalam menjalankan bisnis, marketing bisa diibaratkan sebagai ujung tombaknya. Tanpa tim marketing, mungkin tidak akan ada orang yang mengenal produk jualanmu. Tidak dikenal berarti tidak ada sales. Karena itu, sebagai pengusaha, kamu harus menguasai beberapa kemampuan marketing. Berikut ini kemampuan marketing yang harus kamu punya, kalau mau jadi pengusaha sukses

1. Public Speaking

Public speaking itu nggak mudah loh! Selain harus punya tata bahasa yang baik, kamu juga harus super percaya diri.
Gambar: https://psychcentral.com/news/2019/07/29/why-does-your-voice-fail-you-during-public-speaking/149003.html

Bekerja di bidang marketing menuntutmu untuk punya public speaking yang bagus. Public speaking mencakup kemampuan berkomunikasi dan meyakinkan orang lain. Tidak semua orang lahir dengan kemampuan ini. Namun kemampuan public speaking bisa dipelajari, dan dikuasai dengan berlatih. 

Kalau kamu mau jadi pengusaha, kamu harus punya public speaking yang bagus. Kenapa demikian? Karena kamu harus bisa memperkenalkan produk milikmu dan menyampaikannya kepada orang lain dengan baik. Kamu juga harus bisa meyakinkan orang lain untuk membeli apa yang kamu jual.

2. Menulis

Promosi tidak selalu lewat mulut ke mulut, karena itu kuasailah teknik menulis yang baik.
Gambar: https://news.northeastern.edu/2016/10/18/take-5-tips-to-sharpen-your-writing-skills/

Tidak hanya identik dengan berbicara, marketing juga identik dengan menulis. Sebagai seorang yang mau jadi pengusaha sukses, kamu harus bisa menulis. Skill ini mungkin terlihat mudah, tapi sama dengan public speaking, tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Kemampuan ini akan sangat berguna, ketika kamu mau membuat sebuah iklan ataupun rancangan promosi lainnya. 

3. Kreatif

Kreatif adalah modal utama marketing.
Gambar: https://socialpanga.com/blog/2017/07/the-abc-of-creativity-for-creative-agencies/

Dalam dunia marketing, kreatif adalah salah satu hal yang paling dituntut dari seseorang. Setiap hari harus ada ide baru yang diproduksi dan diproses dalam benak seorang marketing. Sama halnya dengan marketing, pengusaha juga harus selalu kreatif dalam menjalankan bisnis. Seorang pengusaha harus bisa mengubah setiap situasi menjadi peluang

4. Kemampuan Analisis

Jadi pengusaha nggak boleh males mikir!
Gambar: https://www.cxovoice.com/7-best-practical-steps-to-improve-analytical-skills/

Selain itu, seorang marketing harus memiliki kemampuan analisis yang bagus. Dengan punya kemampuan analisis yang baik, seseorang bisa menilai sesuatu sampai sangat dalam, bahkan hingga ke akarnya. Sama halnya dengan orang marketing, pengusaha harus memiliki kemampuan analisis yang sangat baik. 

Bahkan, sbelum usahanya dijalankan, seorang pengusaha sudah harus memiliki proyeksi, akan keberhasilan usahanya kelak. Sebaliknya, jika ternyata terjadi masalah yang membawa kerugian besar, seorang pengusaha harus tahu betul, di mana letak permasalahannya dan penyelesaiannya.

5. Kemampuan Negosiasi

Negosiasi yang gagal bisa membuat usahamu hancur berantakan.
Gambar: https://impactconsultingng.com/courses-2/professional-effectiveness/sharpening-negotiation-skills/

Tidak hanya harus jago public speaking, seorang pengusaha haruslah seorang negosiator yang baik. Sebelum membuat kesepakatan atau deal dengan orang lain, pengusaha harus tau caranya bernegosiasi. Bernegosiasi adalah seni menarik ulur. Kamu harus pintar membaca situasi dan memanfaatkannya dengan baik.

6. Terorganisir

Orang marketing identik dengan kerapihan.
Gambar: https://parade.com/632256/clevelandclinic/5-tips-to-stay-organized-during-cancer-treatment/

Seorang marketing haruslah seorang yang terorganisir dan bisa mengorganisir sesuatu dengan sangat baik. Demikian juga dengan pengusaha, yang harus teratur dan bisa mengatur. Ketika memutuskan untuk menjalankan usaha, kamu harus yakin betul, kalau kamu seorang yang memiliki disiplin diri yang tinggi. Selain disiplin untuk diri sendiri, kamu juga harus bisa mengarahkan atau mendisiplinkan orang lain. 

7. Stress Management

Jangan jadi pengusaha, kalau sedikit-sedikit stres!
Gambar: http://www.on-demandelearning.com/product/stress-management-course/

Kemampuan marketing terakhir, yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah kemampuan mengelola stres. Tim marketing mungkin adalah orang-orang yang selalu berhadapan dengan stres. Mulai dari deadline, tekanan dari sana sini yang membuat kepalamu mungkin ingin meledak. Karena itu, seorang pengusaha harus memiliki stress management yang bagus.Kalau kamu tidak bisa mengelola stres dengan baik, kamu pasti tidak akan bertahan lama dalam usahamu. Menjadi pengusaha berarti harus bisa bekerja di bawah dan mengendalikan tekanan. Jangan sampai tekanan membuatmu stress berat dan akhirnya jatuh sakit


Demikianlah beberapa kemampuan seorang marketing yang wajib dimiliki seorang pengusaha. Ketika menjadi seorang pengusaha, kamu harus bisa melakukan semuanya sendirian. Kamu tidak bertanggung jawab pada orang lain, melainkan dirimu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha!



1 comment

Leave a Reply