7 Tips Hasilkan Konten Menarik di Instagram

Kabarnya jumlah likes di instagram mau disembunyikan? *Yaaaaah
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id, JakartaBaru-baru ini dunia dihebohkan karena kabar penghapusan jumlah likes yang dilakukan oleh instagram di beberapa negara. Banyak orang yang protes karena selama ini, jumlah likes dianggap sangat penting. Likes dianggap mampu merepresentasikan jumlah sebenarnya yang merasa konten yang kamu tampilkan bagus. Padahal sebenarnya, belum tentu demikian. Ada banyak faktor, kenapa orang menyukai konten yang kamu tampilkan di instagram. Dan lagi, tidak semua jumlah likes yang  kita lihat itu juga organik. Sudah banyak jasa yang menjual sejumlah likes dengan harga yang cukup terjangkau.

Kabarnya instagram melakukan percobaan ini, agar ke depannya orang-orang tidak lagi terlalu terobsesi dengan jumlah likes. Selama ini jumlah likes dianggap memberikan tekanan yang cukup besar bagi pengguna instagram. Kalau likes dari satu postingan hanya sedikit, rasanya kontenmu dianggap kurang bagus. Dan secara tidak langsung, kamu memaksa dirimu untuk menghadirkan konten yang akan membawa banyak likes. Kamu tidak lagi memposting sesuatu karena kamu suka, tetapi karena kamu ingin mendapatkan likes. Jadi sebenarnya, apa saja yang bisa menjadikan sebuah konten lebih menarik di instagram? Simak beberapa tips di bawah ini.

1. Sesuai dengan Audience Akun Instagrammu

Jangan posting kehidupan pribadi di akun instagram jualan.
Gambar: https://www.searchenginejournal.com/10-ways-get-instagram-followers/92621/

Sebelum kamu memposting sesuatu di Instagram, kamu harus tau lebih dulu, siapa yang melihat akun instagrammu. Kalau kamu menggunakan akun personal dan followersmu adalah teman-temanmu sendiri, tidak jadi masalah untuk menampilkan kehidupanmu sehari-hari. Kamu bisa membuat postingan tentang kegiatanmu, review makanan, kata motivasi, atau apapun yang sedang kamu sukai pada saat itu. Namun kalau kamu menggunakan instagram untuk berjualan, buatlah konten produk yang memang ditujukan untuk target pasarmu. Buat batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dengan bisnis. 

2. Gambar Tidak Harus Selalu Sempurna

Foto yang terlalu sempurna terkesan “template” dan kurang menarik
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=a-68I3dY85M

Postingan dengan gambar yang bagus memang terlihat menarik. Tapi saat ini, foto yang terlalu sempurna, tidak lagi digemari. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk selalu menghadirkan foto dengan kualitas yang sangat bagus. Kreativitas lebih penting dari kualitas gambar. Kamu bisa mengambil foto dari angel yang tidak biasa. Atau kamu bisa menampilkan foto yang sangat bisas, tapi membungkusnya dengan sebuah perspektif baru. Terkadang foto yang sangat biasa lebih disukai orang, karena menonjolkan kesederhanaan, dan sesuatu yang real.

3. Tulis Caption yang Menarik

Foto tanpa caption, bagai sayur tanpa garam. Kurang enak, kurang sedap.
Gambar: https://www.hipwee.com/showbiz/instagram-nicholas-saputra/

Selain Foto, caption juga berperan penting untuk mendukung gambar yang kamu tampilkan. Caption yang unik akan membuat orang-orang kagum dengan kreativitas yang kamu miliki. Saat membuat caption, usahakan untuk tidak menggunakan kata secara berulang. 

4. Gunakan #Hashtag yang Relevan

#Tagar akan membantu postinganmu menjadi lebih viral.
Gambar: https://follows.com/blog/2018/06/are-hashtags-effective-spammy

Agar postingan bisa menjangkau lebih banyak orang, gunakanlah #hashtag. Penggunaan hashtag yang sedang populer bisa membantu kontenmu dilihat lebih banyak orang, yang bukan followers. Di instagram, kamu bisa menggunakan hingga maksimal 30 hashtag dalam satu postingan. Manfaatkanlah jumlah hashtag tersebut dengan baik. Tapi ingat, untuk selalu gunakan hashtag yang relevan dan jangan berlebihan.

5. Buat Postingan Interaktif

Postingan interaktif bisa berupa kuis, pertanyaan, dan banyak lagi.
Gambar: https://www.instagram.com/p/BzP9PuNAs_K/

Tips yang berikutnya adalah membuat postingan yang interaktif. Konten interaktif maksudnya adalah konten yang melibatkan audience instagrammu. Buatlah konten yang mengundang orang untuk memberikan komentas, sehingga terjalin komunikasi dua arah. Jadi jangan sampai akunmu terlihat seperti “akun mati” karena tidak pernah ada interaksi dengan audience.

6. Posting Video

Video dapat kamu post di feed, story, maupun IGTV.
Gambar: https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2018/07/25/8643/video-instagram-tidak-bisa-diputar

Sesekali, postinglah video. Tidak perlu video yang panjang, cukup video-video singkat yang berkualitas. Instagram sudah memprediksikan, kalau trend dalam media sosial di masa depan akan lebih condong ke arah video, dibandingkan foto. Karena itu, mualilah untuk mencoba membuat konten-konten video di akunmu.

7. Jadilah Dirimu Sendiri

Tampilkan ciri khasmu di media sosial.
Gambar: https://www.instagram.com/p/B0cPvaDl3ar/

Yang terakhir dan yang paling penting adalah menjadi diri sendiri. Dalam membuat konten, kamu harus menemukan ciri khas atau keunikan tersendiri. Kamu harus membuat orang menyadari perbedaan konten yang kamu dan orang lain buat. Kamu harus membuat orang bisa mengidentifikasi akunmu, hanya dengan melihat postingannya, tanpa melihat siapa yang mempostingnya.


Itulah dia beberapa tips untuk membuat konten instagram yang menarik. Kreativitas adalah kunci utama dalam menghasilkan konten yang berkualitas. Postingan bagus tidak melulu tentang foto yang bagus, tapi kesinambungan dengan caption dan hashtag. Likes juga bukanlah standar keberhasilan dari satu konten. Jangan batasi kreativitas karena jumlah likes. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply