5 Strategi Menghadapi Persaingan Online Shop

Untuk menghadapi persaingan dibutuhkan strategi, agar dapat bersaing.
Gambar: https://www.maxmanroe.com/nilai-positif-menjalankan-bisnis-dengan-persaingan-tinggi.html

Halosis.co.id, JakartaSaat ini perkembangan online shop di Indonesia sedang mengalami peningkatan yang pesat. Semakin banyak pengusaha online shop, berarti semakin besar juga tingkat persaingan diantara sesama online seller. Tak jarang, mulai banyak online shop yang terpaksa gulung tikar, karena kalah bersaing. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi pada toko onlinemu kan? Yuk, simak beberapa strategi di bawah ini, supaya kamu bisa bersaing dalam dunia online shop

1. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Tokomu

Setiap hal pasti memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif.
Gambar: http://sistempemerintahanindonesia-kaskus.blogspot.com/2013/06/kelebihan-dan-kelemahan-sistem.html

Strategi pertama yang harus kamu jalankan adalah menganalisis kelebihan dan kekurangan online shop beserta produk yang kamu jual. Setiap toko pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada toko yang sempurna. Namun, kamu harus tetap memahami keduanya dengan baik. Dengan mengenal kelebihan tokomu, kamu menjadi tahu apa yang bisa kamu jadikan kekuatan dalam memasarkan produk. Sebaliknya dengan mengetahui kelemahan tokomu, kamu bisa memperbaiki celah dalam persaingan online shop.

2. Buat Studi Banding

Amati strategi penjualan yang dilakukan pesaingmu.
Gambar: http://www.apimagazine.com.au/property-investment/what-is-a-comparison-rate-how-the-fine-print-is-costing-you-thousands

Studi banding yang dimaksudkan di sini adalah mengamati toko online kompetitor lainnya. Kamu bisa membandingkan tokomu dengan toko kompetitor, untuk melihat kelemahan dan kelebihannya. Sesekali, cobalah mengorder barang dari pesaingmu, dan ikuti seluruh prosesnya dengan baik. Kamu mungkin bisa mendapatkan pelajaran yang berharga, yang bisa kamu tiru untuk tokomu.

3. Berikan Pelayanan yang Berbeda

Selalu berikan sesuatu yang berbeda dan tidak dimiliki orang lain.
Gambar: http://www.securebusinesssolution.com/customer-service/why-customer-reviews-are-crucial-to-a-companys-image.html/attachment/service-crossword-concept

Jika kamu sudah mengetahui pelayanan yang diberikan oleh kompetitor, kamu bisa buat pelayanan yang berbeda atau baru. Kamu bisa memberikan pelayanan yang mungkin belum pernah digunakan online shop lain sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa menghadirkan pelayanan yang berbeda dari toko-toko online lain. 

4. Tingkatkan Kualitas

Kualitas selalu jadi yang nomor satu.
Gambar: https://hitechengineeringindia.com/quality.html

Strategi berikutnya dan yang paling penting adalah meningkatkan kualitas barang dari online shop milikmu. Kualitas yang baik akan membuat orang bertahan dan menjadi pelanggan setia. Selain itu, kualitas yang baik juga akan membuat customer dengan senang hati untuk mempromosikan produk jualanmu ke teman atau keluarga terdekatnya, tanpa harus kamu minta.

5. Jaga Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah aset untuk usahamu.
Gambar: https://www.credibly.com/incredibly/news/customer-loyalty-program-ideas-from-the-pros/

Strategi yang terakhir adalah menjaga loyalitas pelanggan. Mendapatkan pelanggan baru mungkin adalah sesuatu yang mudah, tapi menjaga agar pelanggan lama tetap loyal merupakan pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Supaya customer tetap setia pada toko onlinemu, buatlah keanggotaan khusus, dan berikan promo menarik kepada mereka. Ini akan sangat membantumu untuk setia pada toko online milikmu.


Itulah dia beberapa strategi untuk dapat memenangkan persaingan dalam dunia online shop. Satu hal yang harus kamu ingat, persaingan yang kamu lakukan haruslah persaingan yang sehat. Jangan pernah mendasari usaha dengan tindak kecurangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply