Halosis.co.id, Jakarta – Mulai dari perawatan rambut, perawatan kulit, kosmetik, vitamin, suplemen, hingga produk pembersih dan berbagai produk lainnya, banyak keputusan pembelian yang dibuat berdasarkan melihat dari kemasan. Salah satu studi menemukan bahwa daya tarik kemasan produk berpotensi untuk memicu pembelian yang impulsif bahkan bagi konsumen yang awalnya tidak berniat melakukan pembelian.
Di toko, kemasan bisa menjadi pemicu keputusan pembelian karena produk-produk ditampilkan berdampingan dan semua ingin mendapat perhatian konsumen. Namun kemasan juga sangat penting untuk pembelian online, sekitar 52% konsumen online cendering melakukan pembelian berulang jika produk tersebut tersedia dalam kemasan premium, dan 40% akan membagikan foto pesanan online mereka di sosial media jika produk itu masuk dalam kategori unik, bermerek atau seperti hadiah.
Kemasan Ritel: Wajah Merek Anda
Kemasan adalah wajah dari merek Anda. Ini mengidentifikasi produk Anda, tapi juga memberi tahu pelanggan Anda mengenai apa yang berada dalam paket tersebut. Kemasan harus secara jelas mengkomunikasikan semua hal yang Anda inginkan untuk mewakili merek Anda:
- Produk Anda dapat membantu pelanggan merasa lebih baik
- Produk Anda bisa dipecayai pelanggan
- Nilai produk Anda sesuai dengan uang yang dikeluarkan oleh pelanggan
- Produk Anda menonjol diantara saingan lain
- Produk yang menonjol dari warna, desain, atau bahan kemasan
Cara Menjual Produk
Saat mengembangkan produk, lakukanlah riset untuk produk serupa yang dijual, sehingga Anda dapat menemukan beberapa informasi ini:
- Periksa setiap kelemahan kualitas dari produk saingan
- Pertimbangkan penggunaan nama merek Anda
- Apakah produk Anda bersaing dengan harga produk lain?
- Apakah bersaing secara kualitas dengan produk lain?
- Kemasan yang diinginkan oleh pelanggan
Kemasan yang “Wow”
Saat memikirkan kemasan, Anda ingin membuat konsep atau presentasi merek yang benar-benar baru, Anda juga ingin untuk mencari factor “wow”. Ambil tren konsumen yang muncul dan jalankan. Anda tahu hal ini akan sukses ketika Anda bisa mendapatkan produk dan kemasannya dan strategi yang lebih luas. Jadilah kreatif dan menarik, Anda hanya dibatasi oleh imajinasi Anda sendiri. Beberapa tips untuk membuat kemasan produk, buatlah kemasan yang:
- Lebih mudah dibuka
- Lebih menyenangkan untuk digunakan
- Berumur lebih panjang
- Lebih berkelanjutan (sustainable)
Memilih kemasan eceran yang tepat untuk produk Anda memang sulit tapi sangat penting untuk merek Anda.