Halosis.co.id, Jakarta – Di dunia media digital dan sosial seperti sekarang ini, sembarang foto tidak akan berfungsi jika Anda ingin melibatkan followers Instagram dalam bisnis online Anda. Konten visual yang berkualitas tinggi dan estetis sudah menjadi komponen penting dari setiap kampanye pemasaran yang sukses, dan jika Anda memiliki online shop yang ingin meningkatkan brand awareness, engagement dengan followers dan mengembangkan followers di media sosial, kebutuhan bisnis Anda berada di Instagram.
Tetapi hanya membuat akun Instagram dan memposting apa pun yang terlintas dalam pikiran tidak akan berhasil dengan maksimal. Agar berhasil di Instagram, Anda harus mengerjakannya dengan serius dan mencurahkan energi dan sumber daya untuk menciptakan strategi pemasaran yang digerakkan oleh visual. Buat kampanye pemasaran strategis yang akan membangun pelanggan setia yang mengikuti di Instagram dengan tips di bawah ini:
Buat konten menarik yang berkualitas
Dengan pembaruan algoritme terbaru Instagram, sekarang lebih penting daripada sebelumnya untuk memastikan konten yang Anda bagikan tidak hanya menarik pengikut Anda, tetapi memotivasi mereka untuk terlibat dengan posting Anda, karena jumlah penayangan dan orang-orang yang terlibat dengan setiap pos kini berkontribusi ke tempat posting Anda ditampilkan di feed.
Selain itu, kualitas foto, video, dan konten tekstual terkait juga harus berkualitas tinggi untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan pengguna Instagram untuk bisnis yang mereka ikuti. Jika akun Anda tidak memenuhi atau melampaui standar tersebut, Anda dapat yakin mereka akan dengan cepat melewati pos Anda. Jika Anda merasa foto Anda membutuhkan sedikit dorongan, coba gunakan aplikasi pengeditan foto untuk menambahkan filter dan mengubah foto dari membosankan menjadi memikat hanya dalam hitungan klik.
Menggunakan hashtag
Untuk memahami apa yang dianggap menarik untuk pengguna Instagram, Anda harus melakukan sedikit riset akan hashtag yang sering digunakan di Instagram. Setelah Anda memahami apa yang biasa mereka lakukan, Anda perlu brainstorming dengan rekan kerja atau karyawan Anda untuk membuat hashtag unik untuk brand Anda. Dengan melakukan hal ini secara konsisten, Anda mempermudah pengguna untuk terlibat dan menggunakan hashtag Anda.
Melibatkan followers
Anda memiliki kesempatan untuk like, comment, atau terlibat dengan followers pengguna Instagram, jadi manfaatkanlah hal itu. Jadi pengguna aktif akan membantu untuk meningkatkan followers Anda dan menjaga brand Anda. Menjalankan kontes, giveaway, survei, promosi, atau jenis kegiatan lainnya juga bisa menarik followers baru dengan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan brand Anda.
Biarkan followers mengenal orang yang berada di balik brand Anda
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong orang-orang untuk menjadi pengikut setia dari brand Anda adalah untuk menjadi bisnis yang transparan. Tempatkan diri Anda dalam posisi pelanggan: apakah Anda lebih suka terlibat dengan bisnis lokal yang, selain menampilkan produk dan layanan mereka, menunjukkan karakteristik mereka yang menyenangkan, unik dan menarik di Instagram atau yang hanya mendorong produk dan layanan mereka? Tunjukkanlah kepada followers mengenai orang-orang di kantor Anda, supaya mereka tahu siapa Anda dan tim Anda yang sebenarnya. Followers Anda akan tertarik untuk melihat foto mengenai kehidupan kantor sehari-hari, acara khusus, promosi, dll.
Semoga dengan 4 tips di atas, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan di Instagram. Selamat mencoba!