Panduan Mendaftar di Google Bisnisku

Halosis.co.id, Jakarta – Google Bisnisku adalah alat gratis yang memungkinkan Anda untuk mengelola bagaimana bisnis Anda muncul di Google Penelusuran dan Google Maps. Di Google Bisnisku, Anda dapat menambahkan nama bisnis Anda, lokasi, dan jam kerja. Anda juga bisa memantau dan membalas ulasan dari pelanggan, menambahkan foto, belajar di mana dan bagaimana orang mencari Anda, dan banyak lagi.

Jika Anda baru mulai dengan SEO lokal, cantuman Google Bisnisku adalah tempat bagus untuk memfokuskan upaya awal Anda. Ketika orang mencari produk atau layanan yang berada di dekat mereka, mereka biasakan lebih mudah untuk melakukan pembelian. Satu dari dua orang yang melakukan pencarian lokal akan mengunjungi toko pada hari itu. Jadi penting untuk menuliskan informasi tentang bisnis Anda seakurat, selengkap, dan seoptimal mungkin untuk orang-orang yang menelusuri Google.

 

Apakah Google Bisnisku gratis?

Google Bisnisku sepenuhnya gratis untuk digunakan. Satu-satunya persyaratan untuk menggunakannya adalah Anda harus memiliki beberapa interaksi tatap muka dengan pelanggan Anda, dengan kata lain, Anda tidak dapat mengoperasikan 100% online. Hal ini bisa digunakan jika Anda tidak hanya menjual produk secara online, namun memiliki toko fisik tempat Anda menjual produk secara offline.

 

Cara mendaftar Google Bisnisku:

  • Langkah 1: Masuk ke Akun Google yang ingin Anda kaitkan dengan bisnis Anda (atau buat Akun Google jika Anda belum memilikinya)
  • Langkah 2: Buka google.com/business dan pilih “Mulai sekarang” di sudut kanan atas
  • Langkah 3: Masukkan nama bisnis Anda
  • Langkah 4: Masukkan alamat bisnis Anda
  • Langkah 5: Jika Anda pergi ke lokasi pelanggan Anda, daripada meminta mereka datang kepada Anda, centang kotak “Saya mengirimkan barang dan layanan kepada pelanggan saya.” Dan jika Anda bekerja di luar rumah atau alamat lain yang tidak Anda inginkan ditampilkan kepada publik, Centang “Sembunyikan alamat saya (bukan toko) Hanya tampilkan wilayah.” Terakhir, pilih area Pengiriman Anda
  • Langkah 6: Pilih kategori bisnis Anda. Cobalah untuk memilih kategori yang paling akurat – pada dasarnya Anda memberi tahu Google jenis pelanggan mana yang harus melihat daftar bisnis Anda
  • Langkah 7: Tambahkan nomor telepon bisnis atau situs web Anda
  • Langkah 8: Pilih opsi verifikasi. Jika Anda belum siap memverifikasi bisnis Anda, klik “Coba metode lain” → “Nanti.

 

Semoga panduan artikel ini bisa berguna untuk Anda yang ingin mendaftar di Google Bisnisku. Selamat mencoba!

Leave a Reply