HALOSIS.CO.ID, Jakarta – Bisnis yang menawarkan jasa tidak memiliki produk yang mudah untuk di foto dan ditampilkan di akun sosial media. Tim marketing dari bisnis jasa biasanya kesulitan mencari ide konten apa yang bisa digunakan untuk posting di sosial media. Bisnis mu mungkin tidak memiliki produk yang cantik dan menarik untuk di posting di sosial media, namun dibalik sebuah bisnis pasti berawal dari ide dan ide tersebut memiliki cerita. Cerita ini dapat kita jadikan sebuah konten yang juga tidak kalah menarik dari sekedar foto produk dalam bentuk barang.
Cerita dari bisnis mu dapat disusun dalam beberapa bentuk konten. Berikut adalah 6 ide konten untuk sosial media bisnis mu:
#1 – Tunjukan Keahlian mu!
Kenapa orang suka mem-follow brand atau akun di sosial media? Salah satunya adalah karena akun tersebut memberikan value. Keahlian mu adalah value, maka tunjukanlah keahlian mu dalam bentuk konten sosial media. Kamu bisa menceritakan beberapa tips seputar bidang bisnis mu, cara-cara unik yang tidak semua orang ketahui di bidang keahlianmu atau pengalaman-pengalaman yang menjadi pelajaran untuk mu selama bergulat di bidang tersebut.
Kadang kita suka anggap remeh tips sederhana karena kita bergulat di bidang tersebut setiap hari dan kita telah menguasainya. Tapi tips atau saran-saran sederhana, mungkin akan bernilai lain di mata followers mu. Kamu bisa bagikan keahlian mu melalui artikel, video atau gambar step by step proses. Sosial media sekarang lebih mudah digunakan karena kita bisa saja memposting gambar sederhana dengan caption yang bermanfaat. Jadi tunggu apa lagi? Share your expertise!
#2 – Inspirasi Kisah Sukses
Berapa banyak orang ingin jadi sukses? Kamu tahu jawabannya. Oleh karenanya, inspirasilah mereka dengan kisah mu! Ceritakan pengalaman jatuh bangun mu di bisnis yang kamu geluti, atau tunjukan testimonial video dari orang-orang yang mengetahui perjuangan mu membangun usaha tersebut, ceritakan strategi mu menghadapi tantangan dalam bisnis dan buat orang juga terhubung dengan mu dengan menceritakan pengalaman mereka.
Keterbukaan kita terhadap target customer bisa jadi senjata untuk mengambil hati mereka dan membuat mereka semakin yakin dengan keahlian dan pengalaman kita.
#3 – Inspirasi dengan Quote
Quote yang dimaksud bukan quote yang kamu dapat temukan di google. Tapi quote disini adalah quote-quote orisinil yang kamu miliki sebagai entrepreneur. Cobalaj tunjukan sisi filosopis mu dengan membuat quote-quote unik namun sesuai dengan prinsip bisnis mu. Quote ini juga dapat dijadikan tag line atau motto bisnis mu yang bisa kamu bagikan kepada karyawan-karyawan di usaha mu.
#4 – Tunjukan sisi Humor
Jadilah pembawa berkat dengan membuat orang tersenyum melihat konten pada sosial media bisnis mu. Buat lelucon yang sopan namun mudah dimengerti dan sesuai dengan bidang bisnis mu sehingga konten sosial media mu tetap pada sasaran yang tepat.
#5 – Tunjukan bagaimana proses kerja mu!
Bagaimana anda bekerja dapat memunculkan ketertarikan bagi followers. Misalnya lakukan survey dengan melemparkan pertanyaan yang sering kamu gunakan ketika bertemu dengan klien. Tunjukan video bagaimana proses kerja mu atau karyawan mu. Buat penelitian singkat seputar bidang bisnis mu juga dapat menunjukan bagaimana kamu mengambil keputusan berdasarkan dengan fakta bukan imajinasi. Hal ini dapat menambah kepercayaan pada customer mu!
Tips diatas tidak hanya untuk bisnis yang fokus menawarkan jasa saja, namun juga berguna dan sangat dapat dilakukan oleh bisnis yang menawarkan produk barang. Tentu semua harus direncanakan dan disusun sesuai dengan target customer mu.
Tidak lagi ada kata kehabisan konten kan? Sekarang kamu malah kebanjiran konten untuk di pos.. 😉
Selamat mencoba…
Jangan lupa bagikan konten menarik terbarumu ke kami yaa…