5 Tips Atasi Tekanan dengan Terapkan Manajemen Stres

Stres mungkin tidak bisa dihindari, tapi bisa diatasi.
Gambar: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321450.php

Halosis.co.id, Jakarta Menjadi seorang pengusaha pastinya membuatmu harus menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan-tantangan ini terkadang mungkin membuatmu stres dan tidak dapat menjalani hidup seperti biasanya. 

Stres mungkin tidak bisa dihindari. Namun kita bisa mengelola dan memperkecil peluang untuk stres dengan menerapkan manajemen stres. Simak beberapa tips manajemen stres di bawah ini, agar hidupmu terasa semakin ringan.

1. Kenali Gejala Stresmu

Kamu harus tahu dulu, kamu stres kenapa.
Gambar: https://yp.scmp.com/over-to-you/poems-and-short-stories/article/107761/short-story-mirror-mirror-wall-you-just-can%E2%80%99t

Setiap orang memiliki pemicu stres yang berbeda-beda. Sebagian orang bisa stres karena tekanan pekerjaan yang begitu banyak dan deadline yang menumpuk. Namun ada juga orang yang tidak pernah merasakan profesinya sebagai beban. Ada juga orang yang mengalami stres jika dipicu oleh gejolak emosi yang begitu besar. Ada juga yang pemicu stresnya adalah masalah finansial.

Apapun pemicunya, kamu harus mengenalinya. Kamu harus tahu betul, apa yang membuatmu stres, sehingga nantinya kamu bisa lebih mengantisipasi pemicunya. Ini memang terdengar sulit, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. 

2. Jangan Overthinking

Jangan kebanyakan mikir hal-hal yang belum tentu bakal terjadi.
Gambar: https://iheartintelligence.com/signs-of-overthinking/

Biasanya kalau sedang stres, orang akan cenderung jadi overthinking. Jangan overthinking, karena berbahaya. Apa yang kamu pikirkan itu belum tentu apa yang sedang atau akan terjadi. Hindari berpikiran negatif, karena hanya akan membuatmu semakin tertekan saja. Padatkan jadwalmu dan jangan berikan ruang untuk overthinking.

3. Berusaha Untuk Menerima Kenyataan dan Bersyukur

Menerima keadaan bukan berarti pasrah loh.
Gambar: https://brilliantperspectives.com/crafting-a-prayer/

Banyak orang yang mengalami stres, karena tidak bisa menerima kenyataan. Ekspektasi yang tidak bisa kita capai terkadang membuat kita stres dan kehilangan semangat. Yang perlu kamu ingat adalah, tidak ada kehidupan yang sempurna. Semua orang pasti menginginkan kehidupan yang sempurna dan terhindar dari masalah. 

Namun hal itu tidak mungkin terjadi. Dalam hidup, akan selalu ada masalah. Karena itu, terimalah kenyataan dalam hidupmu dan bersyukur. Menerima kenyataan bukan juga berarti kamu pasrah dengan keadaan. Kamu harus tetap berjuang, untuk meraih apa yang kamu cita-citakan.

4. Lakukan Hal Yang Kamu Sukai

Jalan-jalan dan refreshing adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengusir stres.
Gambar: https://brilliantperspectives.com/crafting-a-prayer/

Saat kamu sedang stres berat, rehatlah sejenak dari aktivitasmu dan lakukan hal yang kamu sukai. Melakukan hobi atau hal lain yang kamu sukai bisa mengurangi kadar stresmu. Namun kamu harus berhati-hati dan jangan masuk dalam pelarian yang salah. Banyak orang stres yang menjadikan rokok sebagai pelarian. Padahal sebenarnya pelarian semacam itu hanya akan membuatmu kecanduan dan tidak sehat.

5. Bercerita

Curhat mungkin tidak menyelesaikan masalah, tapi setidaknya kamu akan merasa lebih lega.
Gambar: https://findloveandkeepit.com/talk-friends-family-dating/

Cara lain untuk mengurangi rasa stres adalah dengan bercerita ke orang lain. Saat kamu bercerita pada orang yang kamu percaya, kamu akan bebas untuk meluapkan semua emosi yang selama ini kamu tahan. Setelah bercerita, kamu akan merasa lebih lega, karena sudah tidak menahan emosi lagi. Bercerita pada orang yang tepat mungkin akan membantumu menyelesaikan masalahmu. Tapi kalaupun lawan bicaramu tidak bisa memberikan solusi, setidaknya kamu sudah merasa lebih baik


Demikian beberapa tips manajemen stres ala Halosis yang bisa membantumu mengelola stres. Pekerjaan yang dilakukan di bawah tekanan pastinya tidak akan membuahkan hasil yang baik. Sebaliknya, bekerja dengan senang dan tanpa beban akan membuatmu lebih produktif. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply