Halosis dan Rozu Craft di Festival UMKM

Kunjungan Halosis ke Festival Bedug & Bazaar Murah di Jakarta Barat.

Halosis.co.id, Jakarta – Pada tanggal 22 Mei 2019, Tim Halosis berkesempatan untuk mengunjungi Festival Bedug & Bazaar Murah Ramadhan 1440 H. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 22 sampai 24 Mei 2019, di kantor Walikota Jakarta Barat. Pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sangatlah beragam. Mulai dari yang bergerak di bidang fashion, kerajinan tangan, makanan, perhiasan, gas, dan masih banyak lagi.

Salah satu stand UMKM yang menarik buat Tim Halosis adalah stand Rozu Craft. Stand ini dijaga oleh pasangan suami istri, pak Jazuli dan ibu Rosni. Mereka memiliki usaha kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca. Kain-kain yang sudah tidak terpakai ini, dibuat sedemikian rupa, sehingga menjadi beragam tas, seperti handbag, totebag, slingbag, sandal jepit, aksesoris, tempat tisu dan pouch.

Bersama dengan pak Jazuli (Owner Rozu Craft).

Yang membuat produk mereka berbeda dari produk lain adalah seluruh produk yang dijual terbuat dari kain perca. Makanya, kalau diperhatikan, seluruh produk tas dan pouch mereka tidak memiliki ukuran yang persis sama. Seluruhnya dibuat mengikuti ukuran kain perca satu motif yang ada. Seluruh barang yang diproduksi keluarga ini juga 100% handmade. Pak Jazuli mengaku, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat sepasang sandal jepit dari kain perca. “Satu hari paling cuma bisa produksi 2 pasang, kalau sendal”, ucap pak Jazuli, saat ditanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat sepasang sandal.

Produk sandal jepit Rozu Craft.

Kain perca yang dipakai ibu Rosni dan pak Jazuli diperoleh dari limbah-limbah sisa produksi yang dijual kembali di situs online. Biasanya ukuran untuk membeli kainnya dihitung per setengah meter. Ibu Rosni juga lebih memilih berbelanja kain di situs online, untuk memudahkannya dalam pengirimannya.

Pak Jazuli yang dulunya hanya bekerja sendiri untuk keluarganya, merasa sangat terbantu dengan usaha mereka saat ini. Walaupun sehari-hari pak Jazuli tidak dapat membantu istrinya karena harus bekerja di kantor, ia tetap berusaha meluangkan waktu. Kalau ada bazaar di akhir pekan, pak Jazuli tidak pernah absen membantu ibu Rosni.

Untuk saat ini, ibu Rosni memilih memasarkan produk mereka di instagram @rozu_craft, selain dari penjualan offline. Jika ditanya apa kunci kesuksesan menurut pak Jazuli, ia menjawab “Yang penting sabar.” Pak Jazuli menambahkan, kalau usaha harus tetap jalan, dan tetap bersabar, walau kendala akan terus menerus datang.

Pouch Rozu Craft dengan tiga motif kain perca.

Itu dia keseruan Halosis dengan salah satu peserta UMKM di acara Festival Bedug & Bazaar Murah Ramadhan 1440 H Jakarta Barat. Semoga semangat #Usaha dari pak Juzali dan ibu Rosni bisa menular ke kamu ya. Selamat #berUsaha!



Leave a Reply