Untuk bisnis-bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API akan dikenakan biaya per 24-hours conversation, dengan harga yang berbeda berdasarkan kategori. Per 1 Juni 2023, akan ada kebijakan baru terkait dengan kategorisasi dan harga per kategori dengan penjelasan sebagai berikut:
Kategori Business-initiated akan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Utility conversations, Authentication conversations, dan Marketing conversations. Sedangkan kategori User-initiated akan diubah namanya menjadi kategori Service.
Kategori Business-initiated yang akan dibagi menjadi 3 kategori, memiliki penjelasan sebagai berikut:
- Utility conversations
Memfasilitasi permintaan atau transaksi tertentu yang disepakati atau info terkini kepada pelanggan tentang transaksi yang sedang berlangsung, termasuk notifikasi pasca pembelian dan laporan tagihan berulang
- Authentication conversations
Memungkinkan bisnis untuk mengautentikasi pengguna dengan one-time passcodes, kemungkinan pada beberapa langkah dalam proses login (misalnya: verifikasi akun, pemulihan akun, tantangan integritas)
- Marketing conversations
Termasuk promosi atau promo, pembaruan informasi, atau undangan agar pelanggan menanggapi / mengambil tindakan. Percakapan apa pun yang tidak memenuhi syarat sebagai utility atau authentication akan masuk sebagai kategori marketing conversation.
Untuk kategori User-initiated yang akan diubah namanya menjadi kategori Service dengan penjelasan semua percakapan yang dimulai pengguna akan dikategorikan sebagai percakapan layanan, yang membantu pelanggan menyelesaikan pertanyaan.
Skema perubahan harga per kategori yang baru tertera dibawah ini:
Kategori lama | Kategori baru | Harga lama | Harga baru |
Business-initiated | Marketing | Rp. 500,- | Rp. 610,- |
Business-initiated | Utility | Rp. 500,- | Rp. 300,- |
Business-initiated | Authentication | Rp. 500,- | Rp. 441,- |
User-initiated | Service | Rp. 300,- | Rp. 280,- |