Halosis.co.id, Jakarta – Tahukah kamu kalau jumlah pengguna internet di Indonesia sampai bulan Juni 2021 diperkirakan mencapai 212.35 juta jiwa? Menurut data dari Internetworldstats, sebanyak 76.8% dari estimasi total populasi di Indonesia telah menggunakan internet.
Dari banyaknya situs maupun aplikasi yang dapat diakses dengan internet, platform chatting adalah salah satu yang paling sering dibuka. Tak hanya untuk berkomunikasi dengan kerabat dekat, aplikasi chatting saat ini sudah banyak digunakan untuk mendukung aktivitas customer service, promosi dan bisnis online.
Lalu aplikasi chatting apa saja yang populer untuk bisnis online di Indonesia? Yuk simak selengkapnya!
1. WhatsApp Business
Sebagai chat platform, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Menurut Kominfo, sampai tahun 2019 lalu, sebanyak 83% pengguna internet di tanah air adalah pengguna WhatsApp.
Tidak heran jika saat ini pelaku bisnis online mengandalkan WhatsApp Business sebagai platform komunikasi utama dengan pelanggan. Aplikasi ini juga bisa membantu para online seller untuk mempromosikan produk atau layanannya.
Ada banyak fitur WhatsApp Business yang bisa dimanfaatkan pemilik bisnis online. Diantaranya adalah profil bisnis, quick replies, labels, katalog, short link, greeting message, dan broadcast message.
2. Facebook Messenger
Indonesia merupakan negara dengan pengguna Facebook terbanyak ke-4 di dunia. Karena itu, tidak heran kalau Facebook juga menjadi salah satu sosial media yang sering digunakan untuk berjualan online.
Facebook memiliki aplikasi chatting tersendiri, yaitu Facebook Messenger. Jika kamu berjualan online di Facebook, maka kamu bisa menjadikan Facebook Messenger sebagai pusat layanan customer service untuk pelanggan/calon pelanggan sekaligus ruang untuk melakukan transaksi jual beli.
3. Line@
LINE merupakan aplikasi chatting & lifestyle raksasa yang banyak digunakan anak muda di seluruh dunia. LINE memiliki layanan LINE@ yang dibuat khusus untuk memudahkan kegiatan pelaku bisnis, terutama untuk skala kecil dan menengah.
Platform ini tidak hanya bisa digunakan untuk chatting dengan pelanggan, tapi juga bisa menunjang kegiatan bisnis dan pemasaran lainnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur unggulannya, seperti posting foto/video, broadcast message, auto reply, auto-add friends, free call, video call, dan masih banyak lagi.
4. Telegram
Telegram merupakan aplikasi chatting yang juga cukup populer di Indonesia. Tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi dengan pelanggan, Telegram juga sering digunakan untuk kegiatan bisnis lain, seperti pemasaran, training/pelatihan, interaksi dengan anggota grup reseller, dsb.
Aplikasi Telegram memiliki fitur chat bot atau chat otomatis. Fitur ini dapat digunakan untuk membalas chat secara otomatis ketika pelanggan mengirimkan chat ke akunmu.
Jika kamu menggunakan keempat aplikasi chatting di atas untuk berjualan online dan sering kali merasa kesulitan untuk membuka aplikasinya satu per satu, Halosis punya solusi untukmu.
Kini, kamu bisa membuka keempat chat platform di atas (WhatsApp, FB Messenger, Line, dan Telegram) dalam satu dashboard. Sebagai mitra resmi penyedia WhatsApp API, Halosis memberikan solusi berupa chat platform yang bisa digunakan banyak admin sekaligus.
Solusi ini tentunya akan mempermudah pelaku bisnis online dalam melayani pelanggan. Produktivitas admin online shop juga akan semakin meningkat karena semua chat masuk dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Dengan penanganan pelanggan yang cepat dan mudah, tidak menutup kemungkinan, penjualan juga bisa semakin meningkat.
Jika kamu tertarik dengan solusi ini, kamu bisa langsung membuat akun Halosis atau menghubungi customer support kami untuk informasi lebih lanjut.
Penulis: Laras Nur Handini
Editor: Ita. G