Halosis.co.id, Jakarta – Jika Anda ditanya apa yang paling sering dilakukan saat mengakses internet, mungkin jawaban Anda adalah untuk menggunakan sosial media. Sosial media memang salah satu alasan utama sebagian besar orang mengakses internet, tapi ternyata bukan hanya itu saja alasannya. Alasan lain yang dominan adalah jual beli online, karena kenyataannya jual beli online sudah banyak dilakukan di Indonesia, meskipun masih ada sebagian orang yang belum berani berpartisipasi dalam kegiatan digital ini. Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai kegiatan jual beli di Indonesia:
Perempuan Lebih Sering Belanja Online
Ternyata perempuan tetap lebih dominan soal berbelanja, tidak hanya secara offline tapi juga online. Menurut survei yang ada, sebesar 58% pelaku belanja online adalah perempuan.
Pakaian Adalah Produk Paling Laris
Jika dilihat dari dominan pelaku belanja onlie, tidak terlalu mengherankan jika pakaian adalah barang yang paling laku dibeli. Berdasarkan survei, sebesar 71,6% dari produk yang dibeli online adalah pakaian, yang kemudian disusul oleh kosmetik sebesar 20%. Gadget berada di posisi ketiga sebesar 17,1%, sedangkan peringkat keempat dan kelima diduduki oleh jasa travel dan buku yang memiliki presentase sebesar 9,7% masing-masing.
Transaksi Paling Sering via Sosial Media
Sosial media menempati peringkat pertama dari tujuh media penjualan online (forum jual beli, sosial media, mailing list, blog, online store, messenger, dan komunitas online) sebagai tempat yang paling banyak digunakan oleh pedagang online di Indonesia, lebih tepatnya sebesar 64,9%. Peringkat kedua disusul oleh Messenger dengan presentase sebesar 22,9%. Dari data ini bisa dilihat kegiatan jual beli online melibatkan penjual dan pembeli secara langsung, tanpa perantara.
Metode Pembayaran Paling Populer adalah SMS Banking
Tidak hanya digunakan oleh penduduk di kota besar atau kecil, SMS banking adalah memote pembayaran terpopuler hingga meliputi 67% dari total pengguna. Posisi kedua disusul oleh internet anking dengan angka sebesar 33% dari total transaksi jual beli online, dengan 56,5% aktivitas internet banking dilakukan melalui aplikasi yang ada di smartphone pengguna. Hal ini wajar jika melihat sosial media sebagai media jual beli online adalah yang paling sering digunakan, sehingga transaksi dilakukan melalui transfer dana dari rekening pembeli ke rekening penjual.
Alasan Tidak Berbelanja Online
Meskipun sudah banyak orang yang berbelanja online di Indonesia, ternyata sebesar 72,7% pengguna internet mengatakan tidak pernah berbelanja online, dengan alasan mereka beranggapan proses akan berlangsung lama, atau karena takut barang yang dijual tidak sama dengan di gambar atau ditipu oleh penjual.