Halosis.co.id, Jakarta. Indonesia memiliki wilayah teritori yang besar menjadikan Indonesia sebagai negara keempat terbesar setelah China, India dan US, dipenuhi sebanyak 250 juta penduduk, tidak dipungkiri menjadi pasar yang sangat menarik untuk berbisnis. Siapa yang tidak memperhitungkan peluang bisnis di Indonesia tentu harus dipertanyakan kemampuan analisa pasarnya.
Dari sekian banyak penduduk Indonesia, menurut data dari Techasia.com, sebesar 88,1 juta orang adalah pengguna internet yang aktif. Aktif disini berarti mereka menggunakan internet untuk sosial media. Dari kacamata bisnis, tentu ini adalah peluang.
Penggunaan sosial media untuk bisnis memang bukan hal yang asing. Banyak bisnis yang menggunakan sosial media untuk jualan dan sosial media untuk promosi. Ada begitu banyak platform sosial media, misalnya Facebook, twitter, Instagram, snapchat. Belum lagi BBM, Line dan Whatsapp yang tadinya hanya fokus kepada chat base, kini berevolusi menjadi platform sosial media. Setiap orang yang memiliki smartphone, pasti memiliki minimal 2 / 3 platform sosial media yang terpasang di smartphone mereka. Tentu ini menjadi marketing tools yang sangat powerful di era serba internet sekarang ini. Pertanyaannya sekarang, mana sosial media yang paling populer saat ini? Mana sosial media yang populer di Indonesia?
Pada tulisan ini HaloSis akan coba mengupas kebiasaan penduduk Indonesia yang aktif berinternet agar para pembaca artikel dapat menentukan dengan tepat sosial media mana yang dapat anda gunakan untuk berbisnis.
Sebelumnya kita akan membagi 2 jenis sosial media yang umum digunakan di Indonesia.
- Sosial Network ( Facebook, Google+, Instagram, Twitter, Path, Pinterest ).
- Messenger ( BBM, Whatsapp, FB Messenger, Line )
Sosial Media Paling Populer di Indonesia per Januari 2016.
Menurut data yang kami temukan, untuk Sosial Network masih didominasi oleh Facebook dengan urutan sebagai berikut: (Data Januari 2016)
- Google+
- Snapchat
- Lain-lain (Path, Pinterest, LinkedIn)
Sedangkan untuk messenger, BBM masih berada di urutan pertama dengan urutan sebagai berikut: (Data Januari 2016)
- BBM
- FB Messenger
- Line
- Lain-lain (Wechat, BeTalk, KakaoTalk)
Informasi tersebut dikumpulkan pada Januari 2016, sehingga untuk tahun 2017 ini tentunya sudah banyak sekali perubahan dan inovasi-inovasi baru dari masing-masing platform yang tentunya akan mudah sekali menggeser urutan sosial media paling populer di Indonesia.
Dalam menentukan sosial media untuk bisnis online anda, tentu tidak dapat didasarkan oleh ranking survey tersebut. Anda harus menganalisa dan menentukan segmentasi produk anda agar tepat dalam penggunaan sosial media untuk promosi produk anda.
Berikut HaloSis mencoba mendeskripsikan pengguna dari masing-masing platform sosial media di Indonesia, agar para pembaca dapat menentukan sosial media yang tepat untuk bisnis anda!
Sosial Media Paling Populer di Indonesia Berdasarkan Kelompok Umur.
13-15 tahun, didominasi mood bermain game.
Kelompok umur ini menggunakan sosial media hanya untuk sebatas hiburan game. Oleh karena itu, sosial media yang sering digunakan adalah Facebook dan Line. Beberapa mungkin menggunakan Whatsapp untuk berinteraksi dengan keluarganya, karena orang yang berumur cenderung menggunakan Whatsapp. Sedikit di kelompok umur ini juga mulai menggunakan Instagram dan Path walaupun belum begitu aktif. Sedangkan Twitter tidak begitu menarik bagi mereka karena lebih banyak berbasis teks.
16-18 tahun, ingin Lebih Up-to-Date.
Facebook mulai ditinggalkan karena remaja tidak ingin aktif di sosial media dimana ada orang tua dan keluarganya yang lain disana. Mereka mulai beralih ke Twitter, sosial media yang lebih up-to-date dan skala yang lebih international. Facebook dan Line masih digunakan untuk hiburan seperti games, apalagi Line menawarkan fitur-fitur stiker lucu dan news feed yang cocok untuk remaja. Beberapa remaja wanita juga mulai aktif di Instagram dan Path yang berbasis gambar dan video agar lebih atraktif di mata teman-temannya.
19-27, ingin network yang lebih luas.
Mereka mulai terbuka pikirannya ke dunia bisnis dan karir. Oleh karena itu mereka mencoba masuk ke LinkedIn walaupun hanya sekedar membuat profil pribadi. Kelompok umur ini sudah tahu kemana arah mereka pergi karena sudah memiliki hobi dan aktivitas yang mereka gemari. Facebook mungkin akan lebih jarang mereka buka ketimbang Instagram. Begitu juga dengan Line yang terlalu banyak advertising dan notif-notif yang buat beberapa orang malah mengganggu. Oleh karena itu mereka menggunakan Whatsapp lebih sering. Google+ juga mulai masuk di segmen ini dan digemari oleh beberapa anak muda yang Google branded, salah satu yang ditawarkan google adalah mengkoneksikan seluruh aktivitas online, akun pribadi dan games mereka ke akun google, sangat memudahkan dan membantu mereka yang sering lupa password atau id mereka.
28-40an, mencari momen nostalgia.
Ini adalah keahlian Facebook, kini ada fitur yang mengingatkan kenangan pengguna bersama teman-teman mereka. Pengguna juga banyak membuat event-event yang di publikasikan di facebook seperti event reuni, pernikarah, dll. Sedangkan untuk messenger, mereka akan lebih menggunakan Whatsapp, yang lebih dulu menyediakan kapasitas grup yang lebih besar dibanding platform lainnya.
Giliran Anda!
Nah, sekarang giliran anda menentukan segmentasi produk anda dan sosial media untuk bisnis anda Sosial media mana yang paling cocok dengan produk anda? Jika anda dapat menentukannya dengan jeli, maka anda akan dapat menggunakan sosial media untuk promosi produk anda dengan sangat efektif dan efisien.
Mana sosial media yang anda gunakan untuk jualan? 🙂
Happy Selling Online !